Amankan Perbatasan RI-PNG, Koops Habema Turut Gelar Pengobatan Keliling

Intan Jaya, Gatra.com – Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 509/Balawara Yudha Kostrad merupakan salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi TNI (Koops TNI) HABEMA yang sedang melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) Mobil RI-Papua New Guinea (PNG), khususnya di wilayah Kabupaten Intan Jaya.

Satgas Yonif 509 Kostrad menggelar Kegiatan Teritorial bertajuk “Pengobatan Keliling Door-to-Door” saat tengah berpatroli di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa pada Pada hari Sabtu (23/6).

“Kegiatan Teritorial ini dilakukan dalam rangka membantu kesulitan warga setempat dalam bidang kesehatan, yang merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat.” ungkap Panglima KOOPS HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto.

Dalam pelaksanaan tugas rutin Opspamtas, Satgas Yonif 509 Kostrad secara aktif menyelenggarakan kegiatan patroli pengamanan di wilayah tanggung jawabnya. Tim Medis Satgas Yonif 509 Kostrad bergabung dengan Tim Patroli, sambil memantau kondisi kesehatan warga Kampung Bilogai.

Dengan pelaksanaan patroli pengamanan tersebut, Tim Medis berkesempatan keliling dari rumah ke rumah, sambil memberikan layanan kesehatan.

“Pelayanan “Pengobatan Keliling Door-to-Door” kali ini mencakup pemeriksaan kesehatan umum, pengobatan penyakit ringan, pemberian vitamin, serta edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan menjalankan pola hidup sehat.” terangnya.

Pelaksanaan pelayanan kesehatan keliling ini, secara khusus, dilakukan oleh para Prajurit Satgas Yonif 509 Kostrad dari Pos J2 dan dipimpin langsung oleh Komandan Pos J2 atas nama Lettu Inf Muh. Fardhana.

Saat Tim Patroli dan Tim Medis Satgas Yonif 509 Kostrad mulai memasuki wilayah Kampung Bilogai, para warga setempat menyambut gembira kehadiran para Prajurit TNI.

“Dengan tetap menjaga keamanan selama kegiatan patroli dan pelayanan kesehatan, terjadi interaksi komunikasi yang harmonis antara para Prajurit TNI dengan para warga melalui Komunikasi Sosial (Komsos) secara inklusif.” tuturnya.

Bentuk kegiatan Teritorial yang digelar oleh Satjar KOOPS HABEMA merupakan realisasi dukungan TNI dalam pemberian pelayanan dasar terhadap masyarakat Papua dan selaras dengan Instruksi Presiden (Inpres) kepada Panglima TNI sebagaimana tersebut dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua.

Kegiatan Teritorial ini juga merupakan implementasi Soft Power yang menjadi bagian dari strategi penyelesaian permasalahan Papua oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam tajuk “Smart Power”.

“Kegiatan Patroli sambil Pengobatan Keliling di Kampung Bilogai Sugapa merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat setempat, khususnya dukungan pemberian pelayanan dasar, sebagai upaya mempercepat pembangunan Papua”, ujar, Brigjen TNI Lucky Avianto.
https://ouo.io/3ffscg

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started